E-Claim JHT

Bagi anda yang sudah mengundurkan diri sebelum usia pensiun. Hal- hal dalam artikel ini bisa menjadi informasi jika anda ingin mencairkan uang JHT anda.
Sekarang ini pengajuan klaim JHT dapat dilakukan/sudah disarankan untuk menggunakan Electronic Claim (E-Claim).
Penggunaan E-Claim dapat dilakukan dengan cara sbb:
1. Lakukan regristasi melalui web http://www.bpjstenagakerjaan.co.id/, pilih menu electronic service lalu pilih tenaga kerja.
2. Selanjutnya anda perlu klik tombol Regristasi pada menu Tenaga Kerja yang sudah anda klik pada poin 1 diatas.
3. Lengkapi data yang diminta dengan teliti dan benar. Siapkan alamat email yg aktif karena itu nanti diminta diisi dalam form regristasi. Setelah selesai mengisi masukan kode pengamannya,lalu centang pilihan YA,saya setuju, langkah terakhir adalah klik tulisan “Submit Data”.
4. Setelah melakukan langkah di no 3 maka akam muncul halaman verifikasi akun. Dalam halaman verifikasi tsb, akan diminta untuk memasukan “kode aktivasi”. “Kode Aktivasi” ini dapat anda peroleh di email yang anda daftarkan tadi.
5. Setelah menjalankan langkah no 5, maka langkah selanjutnya adalah cek email anda lagi. Cari email yg dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan, berupa PIN sebagai pasword nantinya ketika login ke aplikasi Electronic Service BPJS Ketenagakerjaan.
6. Saat anda login masukan PIN sebagai pasword lalu klik “Submit”.
7. Apabila login berhasil maka anda akan masuk ke halaman BPJS Ketenagakerjaan, karena tujuan kita Klaim JHT maka yg kita klik adalah icon dengan tulisan “e-Klaim JHT”.
8. Selanjutnya klik menu pengajuan klaim pada pilihan aksi, lalu pilih jenis klaim yg diinginkan, lalu klik Submit form untuk mengajukan klaim.
9. Jika pada informasi anda membaca “proses klaim dapat dilanjutkan” maka kita dapat melanjutkan proses pengajuan e-Klaim dengan klik pada tombol “lanjutkan”.
10. Dalam halaman selanjutnya lengkapi data dengan benar. Jika data sudah diisi dengan lengkap dan benar, klik tombol “Proses”.
11. Akan muncul menu selanjutnya. masukan PIN yg akan dikirimkan ke nomor HP. Isi nama pemilik rekening sesuai dengan nama Tenaga Kerja yg mengajukan klaim,nama Bank, dan nomor rekening.
Dalam proses ini anda perlu menyiapkan berkas yg diperlukan. Karena pengajuan klaim nya online maka berkasnya harus anda scan. Berkas yg perlu anda scan adalah: Halaman depan buku rekening yg mencantumkan nama dan nomor rekening, e-KTP,Kartu Keluarga,Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan,Surat Keterangan Pengunduran diri dari perusahaan/paklaring. Setelah di Scan lalu di upload dan pastikan proses upload berhasil. Jika semua berkas telah berhasil di upload, klik “Simpan”.
Cat: Berkas tsb min 100 kb dan max 1.8 MB dengan ekstension: *.jpg, *.jpeg, *.png, *.bmp, *.pdf.
12. Cek inbox email yg sudah didaftarkan. Akan muncul email dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberitahukan bahwa pengajuan e-Klaim telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan.
13. Proses pengajuan klaim JHT melalui E-Claim sudah selesai.
14. Tunggu email jawaban dan undangan untuk pencairan yang dikirimkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jangan lupa saat kedatangan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan membawa printout jawaban.
Cat : E-Klaim JHT hanya berlaku untuk 1 kartu kepesertaan. Tenaga kerja sudah memiliki e-KTP.Bawa dokumen asli dan fc nya saat kedatangan. Peserta yg non aktif terhitung bln September 2015 harus melampirkan surat dari perusahaan kepada dinas tenaga kerja setempat dengan tembusan BPJS Ketenagakerjaan perihal laporan tentang tenagakerja keluar.
Semoga artiket ini bermanfaat. Artikel ini ditulis dengan sumber penulisan dari http://www.bpjsketenagakerjaan.co.id.
Untuk berlangganan artikel via Feed Burner klik disini.(Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: