Pemegang Saham Perseroan

Saat kita membuat perseroan terbatas (PT) selanjutnya disebut perseroan, maksud dan tujuan dari perseroan yang akan kita buat harus jelas,kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,ketertiban umum, dan/atau kesusilaan, hal tersebut terdapat dalam pasal 2 UU No.40Th.2007.
Ketentuan ini diharapkan PT yang didirikan tidak bermasalah dikemudian hari dan keberadaannya tidak akan meresahkan warga sekitar.
Dalam mendirikan sebuah PT kita tentunya berharap perusahaan ini berjalan dengan semestinya dan selalu profit. Dengan maksud dan tujuan yang baik sebagaimana diatur diatas maka perusahaan akan bertahan dengan baik diluar faktor ekonomi dan lain sebagainya,setidaknya dasar untuk menjalankan usaha sudah benar.
Bagaimana jika usahanya atau PT mengalami kerugian apa yg terjadi dengan pemegang saham? Apabila PT mengalami kerugian ada pasal yg mengatur apa yg akan terjadi pada pemegang saham. Aturan mengenai hal tsb terkandung dalam pasal 3 ayat 1 UU PT. Pada pasal tsb disebutkan bahwa : Pemegang Saham Perseroan tidak bertanggungjawab secara pribadi atas perikatan yg dibuat atas nama perseroan dan tidak bertanggungjawab atas kerugian Perseroan melebihi saham yang dimiliki. Namun hal tersebut tidak serta merta berlaku apabila syaratnya tidak terpenuhi. Ketentuan sebagaimana tersebut diatas tidak akan berlaku jika : persyaratan perseroan sebagai Badan Hukum belum atau tidak terpenuhi, pemegang saham ybs baik langsung maupun tidak langsung dengan itikad buruk memanfaatkan perseroan  untuk kepentingan pribadi, pemegang saham ybs terlibat dalam perbuatan melawan hukum yg dilakukan oleh perseroan, atau apabila pemegang saham ybs baik langsung maupun tidak langsung secara melawan hukum menggunakan kekayaan Perseroan,yg mengakibatkan kekayaan perseroan menjadi tidak cukup untuk melunasi utang perseroan.
Atas penjelasan tersebut maka berhati hatilah dalam membuat PT, penuhi segala ketentuan yg terkandung dalam UU No. 40 Tahun 2007, agar apabila perseroan  rugi tanggungjawab pemegang saham atas kerugian tsb tidak melebihi saham yg dimiliki. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.(Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: