Perubahan Anggaran Dasar Perseroan

Ketika kita mengurus perizinan lain atau menyiapkan persyaratan untuk mengajukan permohonan kredit tentu tidak asing dengan kalimat “foto copy Akta Pendirian beserta perubahannya, SK Menkeh atau surat pemberitahuan kepada Menteri. Sebagian dari kita mungkin sudah terbiasa dan bisa mengartikannya tapi sebagian mungkin bingung apa maksudnya.
Akta pendirian adalah akta awal yang dibuat atas berdirinya sebuah badan hukum berupa PT atau CV. Akta perubahan adalah setiap perubahan yang merubah anggaran dasarnya misal : pindah lokasi,tambah modal,dst.
Berikut perubahan akta yang harus mendapat persetujuan menteri atau hanya cukup diberitahukan saja, menurut aturan yg terkandung dalam UU 40 Tahun 2007 tentang UU PT.
Menurut pasal 19 dinyatakan bahwa Perubahan Anggaran Dasar dinyatakan oleh RUPS. Perubahan Anggaran Dasar tertentu harus mendapat Persetujuan Menteri (diatur pada pasal 21 ayat 2), yaitu :
a. Perubahan Nama Perseroan dan/atau tempat kedudukan.
b. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan.
c. Jangka waktu berdirinya Perseroan.
d. Besarnya modal dasar.
e. Pengurangan modal ditempatkan dan disetor.
f. Status Perseroan yang tertutup menjadi Perseroan Terbuka/sebaliknya.
Perubahan akta yang merubah selain hal-hal tersebut diatas cukup diberitahukan kepada Menteri (Diatur dalam Pasal 21 ayat 3). Seluruh perubahan anggaran dasar harus dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris dalam bahasa indonesia.
Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan artikel lainnya silahkan berlangganan blog ini.(Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: