Tips Duduk Lama Namun Tidak Sakit Pinggang

image

Pic:ilustrasi sakit pinggang

Pekerja Kantoran rata-rata duduk kurang lebih 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama dengan posisi yang statis membuat badan kurang gerak dan badan menjadi sakit. Salah satu sakit yang berdampak langsung adalah sakit pinggang.

Dari informasi yang didapat di situs m.kompas.com, salah satu Dokter Spesialis Okupasi yaitu dokter Nusye E Zamsiar mengatakan bahwa : “Terlalu lama duduk kerap membuat pekerja kantoran mengalami nyeri pinggang belakang, hal ini dapat dipengaruhi juga oleh kursi yang digunakan

Selanjutnya dokter Nusye juga menjelaskan bahwa : “Bukan hanya duduknya beberapa jam, tapi posisi duduk harus nyaman. Kursinya harus yang bisa dinaikan dan diturunkan”.

Saran lainnya yang diberikan untuk mengurangi nyeri pinggang saat bekerja, adalah :

1. Pekerja Kantoran harus meluangkan waktu untuk melakukan peregangan otot di sela-sela bekerja atau apabila tidak memungkinkan dapat dilakukan saat jam istirahat.

2. Peregangan dapat dilakukan kurang dari lima menit dengan cara berdisir disampaing kursi kemudian diregangkan ototnya. Tarik tangan keatas, samping, lalu pinggang diputar.

3.  Lakukan secara berkala untuk mengatur posisi duduk yang baik dan selalu rutin melakukan peregangan seperti yang diuraikan pada point 2 diatas.

4.  Biasakan berjalan-jalan di kantor untuk mengurang intesitas duduk, dengan memperhatikan waktu tentunya.

Saran dari dokter spesialis okupasi diatas dapat kita jalankan disela-sela waktu bekerja tanpa menggangu aktifitas lainnya. (Tin).

 

Sumber : m.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: