Perubahan Anggaran Dasar Perseroan

image

Bagi anda yang telah mendirikan Perseroan terbatas wajib membuat Akta Perubahan Anggaran dasar setiap ada perubahan pada anggaran dasar Perseroan anda. Perubahan Anggaran dasar Perseroan dibuat  dihadapan Notaris. Hal-hal mengenai perubahan anggaran dasar, dibawah ini penulis sampaikan mengacu pada UU PT yang mengaturnya yaitu Pada Bagian Kedua UU PT yang mengatur anggaran dasar dan perubahan anggaran dasar.

Hal-hal yang mengatur perubahan anggaran dasar perseroan, penulis sampaikan sebagai berikut ;

Pada Pasal 19 UU PT no 40 tahun 2007 mengatur bahwa :

–          Perubahan anggaran dasar ditetapkan oleh RUPS dan Acara mengenai perubahan anggaran dasar wajib dicantumkan dengan jelas dalam panggilan RUPS.

Pada Pasal 20 UU PT no 40 tahun 2007 mengatur bahwa :

–          Perubahan anggaran dasar Perseroan yang telah dinyatakan pailit tidak dapat dilakukan, kecuali dengan pesetujuan kurator. Persetujuan kurator dilampirkan dalam permohonan persetujuan atau pemberitahuan perubahan anggaran dasar kepada Menteri.

Pada Pasal 21 UU PT no 40 tahun 2007 mengatur bahwa :

–          Perubahan anggaran dasar tertentu harus mendapat persetujuan Menteri. Perubahan anggaran dasar tertentu, meliputi:

a.   nama Perseroan dan/atau tempat kedudukan Perseroan;

b.   maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan;

c.   jangka waktu berdirinya Perseroan;

d.   besarnya modal dasar;

e.   pengurangan modal ditempatkan dan disetor; dan/atau

f.    status Perseroan yang tertutup menjadi Perseroan Terbuka atau sebaliknya.

Perubahan anggaran dasar mulai berlaku sejak tanggal diterbitkannya Keputusan Menteri mengenai persetujuan perubahan anggaran dasar.

–     Perubahan anggaran dasar selain sebagaimana disebut diatas cukup diberitahukan kepada Menteri.  Perubahan anggaran dasar mulai berlaku sejak tanggal diterbitkannya surat penerimaan pemberitahuan perubahan anggaran dasar oleh Menteri.

 –    Perubahan anggaran dasar yang tidak dimuat dalam akta berita acara rapat yang dibuat notaris harus dinyatakan dalam akta notaris paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal keputusan RUPS (Perubahan anggaran dasar tidak boleh dinyatakan dalam akta notaris setelah lewat batas waktu 30 (tiga puluh) hari).

–     Permohonan persetujuan atas perubahan anggaran dasar sebagaimana disebut diatas, ditolak apabila:

a.   bertentangan dengan ketentuan mengenai tata cara perubahan anggaran dasar;

b.   isi perubahan bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, ketertiban umum, dan/atau kesusilaan; atau

c.   terdapat keberatan dari kreditor atas keputusan RUPS mengenai pengurangan modal.

Pada Pasal 22 UU PT no 40 tahun 2007 mengatur bahwa :

–          Permohonan persetujuan perubahan anggaran dasar mengenai perpanjangan jangka waktu berdirinya Perseroan sebagaimana ditetapkan dalam anggaran dasar harus diajukan kepada Menteri paling lambat 60 (enam puluh) hari sebelum jangka waktu berdirinya Perseroan berakhir.

–          Menteri memberikan persetujuan atas permohonan perpanjangan jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling lambat pada tanggal terakhir berdirinya Perseroan

Pada Pasal 26 UU PT no 40 tahun 2007 mengatur bahwa :

Perubahan anggaran dasar yang dilakukan dalam rangka Penggabungan atau Pengambilalihan berlaku sejak tanggal:

a.   persetujuan Menteri;

b.   kemudian yang ditetapkan dalam persetujuan Menteri; atau

c.   pemberitahuan perubahan anggaran dasar diterima Menteri, atau tanggal kemudian yang ditetapkan dalam akta Penggabungan atau akta Pengambilalihan.

Hal-hal yang diuraikan dan dijelaskan diatas merupakan aturan yang harus dipenuhi ketika anda  membuat Perubahan Anggaran dasar pada Perseroaan  andas. Saat memutuskan membuat Perubahan Anggaran Dasar anda dapat menghubungi Notaris ditempat anda untuk membuat Akta Perubahan Anggaran Dasarnya, Notaris akan menuntun anda sampai Perubahan Akta dimaksud mendapat SK MenHum dan HAM nya  atau sampai diterbitkannya surat pemberitahuan dari MenHum dan HAM  (tentu saja acuannya sama sebagaimana yang tertulis diatas yaitu berdasarkan UU PT). (Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: