BPJS

image

Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial (BPJS) adalah Badan Hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

BPJS dibagi menjadi dua macam, yaitu antara lain :

1. BPJS Kesehatan – jaminan Kesehatan

2. BPJS Ketenagakerjaan;

    a. Jaminan Kecelakaan Kerja

    b. Jaminan Hari Tua

    c. Jaminan Pensiun

    d. Jaminan Kematian

Dalam artikel kali ini disampaikan informasi perihal  BPJS Kesehatan, untuk BPJS Ketenagakerjaan akan dibuat artikelnya dilain kesempatan. Seperti kita ketahui bersama bahwa pemerintah RI mulai mengoperasionalkan BPJS Kesehatan mulai tanggal 1 Januari 2014, program yang dibuat Pemerintah ini dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan bagi seluruh Warga Negara  Indonesia.

Adapun Jaminan Kesehatan dimaksud adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.

Iuran Jaminan Kesehatan sebagaimana disebut diatas merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh Peserta, Pemberi Kerja dan/atau Pemerintah untuk mengikuti program Jaminan Kesehatan.

Iuran dimaksud dibagi / digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu :

a.  Iuran Jaminan Kesehatan bagi Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI)  Jaminan Kesehatan yang dibayar oleh Pemerintah.

b. Iuran Jaminan Kesehatan Bagi Peserta Penerima Upah yang dibayar oleh Pemberi Kerja dan Pekerja.

c. Iuran Jaminan  Kesehatan bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan pekerja dibayar oleh Peserta yang bersangkutan.

Selanjutnya kita pasti akan bertanya apa sih manfaatnya ? berikut ini uraian apa itu Manfaat Jaminan Kesehatan.

Manfaat Jaminan Kesehatan

a.       Bersifat Pelayanan Kesehatan Perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan obat, bahan medis habis pakai sesuai dengan indikasi medis yang diperlukan.

b.      –     Manfaat Medis yang tidak terikat dengan besaran iuran yang dibayarkan.

–          Manfaat Non Medis yang ditentukan berdasarkan skala besaran iuran yang dibayarkan, termasuk didalamnya manfaat akomodasi.

c.       Ambulans diberikan untuk pasien rujukan dari fasilitas kesehatan dengan kondisi tertentu yang ditetapkan BPJS Kesehatan.

Dari uraian diatas pada artikel ini dapat dijadikan informasi awal ketika kita pribadi ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan atau bagi Perusahaan yang akan menyertakan para pekerjanya mnengikuti program ini. Pilihan ada ditangan anda. (Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: