Permendagri No. 46/M-DAG/PER/9/2009 – SIUP (1)

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah sebagai legalitas usaha di bidang perdagangan dan kerenanya setiap Perusahaan harus memiliki SIUP ini.  Penyelenggaraan pelayanan Penerbitan SIUP yang prima ke pada Dunia Usaha akan menciptakan iklim usaha yang kondusif guna mendorong peningkatan investasi oleh karena itu maka dikeluarkanlah Peraturan Menteri Perdagangan ini. Peraturan Perdagangan ini menetapkan pula Penggolongan SIUP yang didasarkan pada Modal disesuaikan dengan ketentuan criteria usaha yang didasarkan pada kekayaan bersih sebagaimana diatur dalam UU No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Adapun Peraturan Perdagangan  yang dimaksud ini adalah Peraturan Menteri Perdagangan    No. 46/M-DAG/PER/9/2009 yang mengatur tentang Penerbitan SIUP. Menperindag dimaksud mulai berlaku  60 (enam puluh) hari sejak  tanggal ditetapkan yaitu tanggal 16 September 2009.

Sebagai perkenalan awal maka artikel ini akan membahas terlebih dahulu perihal ketentuan umum yang menjelaskan apa saja yang dimaksud dalam Peraturan ini (untuk hal lainnya dibahas pada artikel berikutnya) agar apa yang terkandung didalamnya dapat dimengerti, seperti :

– Perdagangan adalah kegiatan usaha transaksi barang atau jasa seperti jual beli, sewa beli, sewa menyewa yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan pengalihan hak atas barang atau jasa dengan disertai imbalan atau kompensasi.

– Perusahaan Perdagangan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan kegiatan usaha di sector perdagangan yang bersifat tetap, berkelanjutan, didirikan, bekerja dan berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.

– Surat Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan yang selanjutnya disebut SP-SIUP adalah Formulir Permohonan Izin yang diisi oleh Perusahaan yang memuat data-data perusahaan untuk memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil/Menengah/Besar.

– Suarat Izin Usaha Perdagangan selanjutnya disebut SIUP adalah Surat Izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan, yang selanjutnya disebut SIUP.

– Perubahan perusahaan adalah perubahan data perusahaan yang meliputi perubahan nama perusahaan, bentuk perusahaan, alamat kantor perusahaan, nama pemilik/penanggungjawab, modal dan kekayaan bersih, kelembagaan, kegiatan usaha, dan barang/jasa dagangan utama.

– Kantor Cabang Perusahaan adalah Perusahaan yang merupakan unit atau bagian dari Perusahaan induknya yang dapat berkedudukan di tempat yang berlainan dan dapat bersifat berdiri sendiri atau bertugas untuk melaksanakan sebagaian tugas dari Perusahaan induknya.

– Perwakilan Perusahaan adalah Perusahaan yang bertindak mewakili kantor pusat perusahaan untuk untuk melakukan suatu kegiatan dan/atau pengurusannya menurut kewenangan yang telah ditentukan sesuai dengan yang diberikan.

– Pejabat Penerbit SIUP adalah Kepala Dinas yang bertanggungjawab di bidang perdagangan di wilayah kerjanya atau pejabat yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan terpadu satu Pintu atau pejabat lain yang ditetapkan berdasarkan peraturan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: