Akta Pendirian harus memuat apa saja?

Akta Pendirian Perseroan memuat Anggaran Dasar dan keterangan lain berkaitan dengan pendirian perseroan. Akta Pendirian Perseroan harus memuat sekurang-kurangnya :

a. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, dan kewarganegaraan pendiri perseorangan, atau nama, tempat kedudukan dan alamat lengkap serta nomor dan tanggal keputusan menteri mengenai pengesahan badan hukum dari pendiri Perseroan;

b. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, kewarganegaraan anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang pertama kali diangkat;

c. Nama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, dan nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan disetor.

Bagi anda yang ingin mendirikan PT, diijinkan oleh undang-undang untuk memberikan kuasa kepada orang lain dalam hal pengurusan pembuatan Akta Pendirian Perusahaan. Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan dibuat melalui Notaris sesuai tempat kedudukan PT. Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan oleh Notaris biasanya sudah termasuk pengurusan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM untuk pengesahan Badan Hukum Perseroan.

Sebagai informasi, UU mengatur bahwa untuk memperoleh Pengesahan Badan Hukum Perseroan, Pendiri bersama – sama bersama-sama mengajukan permohonan melalui jasa teknologi informasi sistem administrasi badan hukum secara elektronik kepada Menteri dengan mengisi format isian yang memuat sekurang-kurangnya:

a. Nama dan tempat kedudukan Perseroan;

b. Jangka waktu berdirinya Perseroan;

c. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan;

d. Jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor;

e. Alamat lengkap Perseroan.

Namun sebelum proses diatas  dikerjakan terlebih dahulu melakukan pengajuan nama Perseroan (Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pengajuan dan pemakaian nama Perseroan diatur dengan peraturan pemerintah). Semua proses diatas biasanya sudah dikerjakan oleh Notaris yang anda pilih untuk membuat Akta Pendirian PT anda.

Semoga bermanfaat(Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: