Pendirian Perseroan oleh Dua Orang atau Lebih

Perseroan didirikan oleh 2 (Dua) orang atau lebih dengan Akta Notaris yang dibuat dalam bahasa indonesia. Para pendiri perseroan diwajibkan untuk mengambil  bagian saham saat Perseroan didirikan. Sebuah Badan Usaha yang sedang diproses  agar berbadan hukum statusnya baru diperoleh  tepat pada tanggal diterbitkannya keputusan Menteri terkait mengenai pengesahan Badan Hukum Perseroan.

Setelah Perseroan memperoleh Badan Hukum namun pemegang saham menjadi kurang dari 2 orang maka dalam waktu 6 bulan sejak keadaan tersebut maka pemegang saham tunggal wajib mengalihkan sebagian sahamnya kepada orang lain atau kalo tidak Perseroan mengeluarkan saham baru untuk dimiliki orang lain,  apabila tidak dipenuhi pemegang saham tunggal tersebut bertanggungjawab secara pribadi atas segala perikatan atau kerugian Perseroan. Atas situasi  tersebut pihak yang  berkepentingan dapat mengajukan permohonan sehingga pengadilan negeri dapat membubarkan Perseroan tersebut. Ketentuan sebagaimana terurai diatas dikecualikan oleh UU bagi :

a. Persero yang seluruh sahamnya dimiliki oleh negara; atau

b. Perseroan yang mengelola bursa efek, lembaga kliring dan penjaminan, lembaga penyimpanan dan penyelesaian, dan lembaga lain sebagaimana diatur dalam undang – undang tentang Pasar Modal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: