Pengangkatan Kembali Pengurus Perseroan

Dalam tulisan saya terdahulu telah dibahas mengenai  perlu diurusnya pengangkatan kembali Pengurus Perseroan. Nah dalam tulisan ini akan dibahas hal lainnya yang masih berkaitan dengan pengangkatan kembali pengurus perseroan.

Perseroan sebagaimana tersebut diatas memiliki arti badan hukum yang

merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS serta peraturan pelaksanaannya.

Perseroan sendiri meiliki organ perseroan yang terdiri dari RUPS, Direksi dan Dewan Komisaris. Berikut ini penjelasan tersendiri mengenai Organ Perseroan :

RUPS, adalah Organ Perseroan yang mempunyai wewenang yang tidak diberikan kepada Direksi atau Dewan Komisaris dalam batas yang ditentukan dalam undang-undang ini dan/atau anggaran dasar

Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas

pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan

Perseroan serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar.

– Dewan Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi.

 

Organ Perseroan sebagaimana disebutkan diatas  memiliki saling keterkaitan satu sama lain hal tersebut dapat dilihat bahwa  Direksi dan Dewan Komisaris diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu, hal tersebut diatur dalam pasal 94 ayat 3  dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS  (Jika kurang jelas bisa baca pasal penjelasannya). Banyak keterkaitan lainnya namun dalam tulisan ini hanya hal mengenai pengangkatan pengurus perseroan yang dibahas.

 

Karena Pengurus Perseroan memiliki jangka waktu tertentu maka sudah seharusnya Perseroan memperpanjang atau mengangkat kembali pengurus perseroan agar fungsinya tidak hilang.

Untuk Pengurusan pembuatan akta Pengangkatan Kembali pengurus perseroan anda bisa menghubungi Notaris langganan anda (Notaris baru juga tidak masalah tidak harus Notaris yang mengerjakan akta sebelumnya). Notaris akan mengerjakan perihal pengangkatan kembali pengurus perseroan sampai selesai.

Untuk mengurus akta Pengangkatan kembali pengurus perseroan anda harus menyiapkan:

Fc. KTP seluruh pengurus, Fc NPWP seluruh pengurus, fc Akta pendirian dan akta – akta perubahannya, serta fc  legalitas perusahaan anda.

Dengan telah dibuatnya akta pengangkatan kembali pengurus perseroan maka segala tindakan yang dilakukan oleh pengurus perseroan kembali memiliki kekuatan hukum. Semoga bermanfaat.(Tin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: