Pindah Alamat Perusahaan

Saat mau pindah kantor tempat kita bekerja bukan hanya perlengkapan dan peralatan kantor saja yang harus dipindah namun alamat juga harus dipindah. Memindahkan alamat kantor lama ke alamat kantor baru tidak bisa tiba-tiba terjadi dan dapat pindah begitu saja, ada proses yang harus dijalankan dan dikerjakan. Hal tersebut perlu diurus agar legalitas perusahaan terjaga dan dapat dipakai ketika diperlukan oleh Perusahaan untuk mengurus / melakukan aktifitas bisnis.
Adapun hal yang harus diperhatikan saat akan mengurus pindah alamat perusahaan akan saya bahas pada tulisan ini.
Dalam pembahasan ini kita akan ambil contoh kasus dimana Perusahaan “A” akan pindah alamat perusahaan dari alamat awal yaitu “Jakarta Barat” pindah ke alamat baru yaitu “Jakarta Pusat” (Tempat pengurusan ijin sesuaikan dengan wilayah sebenarnya ini hanya contoh).

Yang perlu kita lakukan sebagai awal proses pengurusan adalah sebagai berikut :

1. Merubah Akta Perusahaan melalui Notaris anda. Anda harus merubah Pasal 1 ayat 1 Anggaran Dasar Perseroan Perihal Nama dan Tempat Usaha. Kedudukan Perseroan harus dirubah dari Jakarta Barat ke Jakarta Pusat.
Pengurusan Perubahan Akta Perusahaan berikut SK Menteri Hukum dan HAM RI dilakukan oleh Notaris.

2. Anda harus merubah juga alamat pada NPWP anda yang lama. Merubah alamat NPWP diikuti dengan berpindahnya KPP Perusahaan anda.

3. Selanjutnya anda harus mengurus ke kantor kelurahan dan kecamatan tempat dimana perusahaan anda berkantor untuk meminta dikeluarkannya Surat Keterangan Domisili Perusahaan dengan menunjukan Akta Perubahan yang telah anda kerjakan.

4. Berubahnya alamat perusahaan mengharuskan anda untuk mengurus berubahnya alamat perusahaan pada TDP. Karena berubah wilayah dari Jakarta barat ke Jakarta Pusat maka anda harus meminta surat mutasi / tanda pengatar dari Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan kota administrasi Jakarta Barat untuk nantinya diserahkan ke Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan kota administrasi Jakarta Pusat sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi.

5. Tahap selanjutnya anda perlu merubah alamat pada SIUP. Merubah SIUP ini sama seperti merubah TDP. Anda perlu mengurus SIUP ini di Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan kota administrasi Jakarta Pusat.

Sampai tahapan ini pengurusan proses pindah alamat perusahaan telah selesai anda kerjakan. Waktu penyelesaian ditentukan oleh kecepatan anda yang mengurus dan jangka waktu pengurusan oleh pihak pemerintah terkait (yang mengerjakan hal-hal tersebut diatas) sesuai peraturan yang berlaku. Semoga info ini dapat membantu anda. (Tn).

4 responses to this post.

  1. Posted by nunuk on Mei 29, 2013 at 12:52 am

    rumit dan lama y. ada nggak cara yg lbh simple?

    Balas

    • Posted by tinoess on Mei 29, 2013 at 2:28 am

      Boleh di share disini bu apabila ada cara-cara yang lebih simple. Thanks sudah mengunjungi blog ini. Salam hormat. Tinoess.

      Balas

  2. Posted by Taufiqurrahman on April 5, 2016 at 5:48 am

    Saya mau pindah alamat,pindahnya cuma beda RT,masih di satu tempat yaitu Padang.apakah SBU dan surat izin gangguan di robah juga?

    Balas

  3. Posted by Taufiqurrahman on April 5, 2016 at 5:50 am

    Siang,,saya mau pindah alamat,pindahnya cuma beda RT,masih di satu tempat yaitu Padang.apakah SBU dan surat izin gangguan di robah juga?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: