Legalisasi Dokumen

Ketika kita menyiapkan kelengkapan dokumen untuk mengurus pengambilan kredit Perusahaan di Bank, ada permintaan dari pihak Bank bahwa dokumen yang kita siapkan perlu di legalisasi. Salah satu dokumen yang suka diminta legalisasi adalah Surat Persetujuan Dewan Komisaris. Dalam tulisan ini saya ingin membahas dan memberikan informasi mengenai Legalisasi.

Secara umum dan sederhana Legalisasi adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menjadikan sebuah dokumen menjadi sah atau resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya bisa juga Legalisasi diartikan pembuktian bahwa dokumen yang dibuat oleh para pihak itu memang benar ditandatangani oleh para pihak dan proses itu disaksikan oleh seorang Pejabat Umum dalam hal ini adalah Notaris pada tanggal yang sama dengan waktu penandatanganan itu.

Apabila kita contohkan dengan Surat Persetujuan Dewan Komisaris (SPDK) yang harus di legalisasi maka prosesnya adalah sebagai berikut : SPDK yang telah anda buat dengan tanggal hari ini misalnya, maka penandatangan SPDK tersebut harus disaksikan oleh Notaris. SPDK harus ditandatangani oleh seluruh dewan komisaris berdasrkan uu no 40 tahun 2007. Setelah disaksikan oleh Notaris Penandatanganan tersebut maka Notaris menandatangani dokumen tersebut dan memberikan keterangan bahwa dokumen tersebut sah dan telah dilegalisasi pada tanggal yang sama. Seorang Notaris tidak dapat melegalisasi suatu dokumen dengan tanggal yang berbeda antara tanggal penandatanganan dan tanggal legalisasinya. Semoga infonya membantu.(Ag).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: