Pajak Penjualan Tanah

Perhitungan Pajak, baik Pajak Penjual maupun Pembeli dalam transaksi jual beli tanah terkadang tidak terlalu banyak diketahui masyarakat umum. Diharapkan informasi yang disampaikan secara singkat dan sederhana ini dapat membantu menyebarkan pengetahuan mengenai hal dimaksud diatas.
Sebagaimana diketahui bersama bahwasannya dalam praktek Jual Beli Tanah, diwajibkan bagi Penjual maupun Pembeli untuk membayarkan Pajak Pajak dimaksud secara umum yang dikenal di masyarakat adalah :
1. Pajak Penjual
Pajak Penjual adalah Pajak yang dikenakan atas penghasilan si Penjual dalam menjual tanahnya.
2. Pajak Pembeli
Pajak Pembeli adalah Pajak yang dikenakan atas kenikmatan yang diperoleh Pembeli dengan memiliki sebidang tanah. Pengaturannya diatur dalam UU BPHTB (Bea Perolehan Tanah dan Bangunan) yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2000 tentang Perubahan atas UU No.21/1997 tentang Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.
Adapun Tarif Pajak yang dikenakan adalah 5%. Caara perhitungan pajak penjual dan pajak pembeli dapat kami uraikan sebagai berikut :
a. Untuk Pajak Penjual dikenakan 5% (lima persen) flat (Tetap/Sama) dikalikan dengan NPOP* (Nilai Perolehan Objek Pajak).
Namun demikian apabila Jumlah NPOP tersebut lebih kecil dari jumlah NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) PBB maka prosentase tersebut dikalikan dengan jumlah NJOP PBB tanah ybs bukan dikalikan dengan NPOP.
b. Pajak Pembeli (BPHTB) adalah 5% dikalikan dengan NPOP dikurangi NPOPTKP (Nilai Peroleh Objek Pajak Tidak Kena Pajak). Besarnya NPOPTKP adalah Rp. 60.000.000.- (enam puluh juta rupiah) untuk wilayah DKI Jakarta dan besarnya NPOPTKP diwilayah lain dapat diperoleh dengan meminta keterangan dari Kantor Pelayanan PBB setempat.
Contoh : Sebidang tanah yang berada di wilayah DKI Jakarta dengan harga transaksi 250 miliar rupiah.
-Pajak Penjual : 5% x 250 miliar
-Pajak Pembeli : 5% x (250 miliar – 60 juta rupiah).

*NPOP adalah Jumlah Transaksi / Nilai Pasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: