Pengertian Perseroan Terbatas

Arti Perseroan Terbatas dapat kita temukan dalam Undang-Undang PT No. 40 Tahun 2007 (Sebelumnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas). Dalam UU Perseroan Terbatas dimaksud disebutkan dalam Pasal angka 1 : “Perseroan Terbatas yang selanjutnya disebut perseroan adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta pelaksanaannya”.

Apabila mau diuraikan secara sederhana Perseroan Terbatas terdiri dari dua kata yakni “Perseroan” dan “Terbatas”
Perseroan merujuk pada modal PT yang terdiri atas sero-sero atau saham-saham.
Terbatas merujuk pada tanggung jawab pemegang saham yang luasnya hanya terbatas pada nilai nominal semua saham yang dimilikinya.

Setelah melihat uraian diatas dapat dilihat bahwa Perseroan Terbatas adalah merupakan Badan Hukum yang oleh Hukum diakui secara tegas sebagai badan hukum yang cakap melakukan perbuatan hukum atau mengadakan hubungan hukum dengan berbagai pihak lainnya. PT sebagai sebuah Badan Hukum juga memiliki kekayaan sendiri yang terlepas dari kekayaan pribadi para pemegang saham sehingga apabila terjadi suatu kerugian pada Perseroan, Pemegang Saham Perseroan tidak bertanggung jawab secara pribadi dan tidak bertanggungjawab atas kerugian dimaksud melebihi nilai saham yang telah dimilikinya.
Dengan demikian Perseroan Terbatas sebagai sebuah Badan Hukum memiliki tanggung jawab yang terbatas yang mana tanggung jawab pemegang saham tidak lebih dari harta kekayaan yang terdiri atas saham-saham yang disetorkannya yang terhimpun dalam badan tersebut.
Penunjukan terbatasnya tanggung jawab pemegang saham tersebut dapat dilihat dari Pasal 3 UU Perseroan Terbatas yang berbunyi :
“Pemegang saham perseroan tidak bertanggungjawab secara pribadi atas perikatan yang dibuat atas nama perseroan dan tidak bertanggung jawab atas kerugian perseroan melebihi nilai saham yang telah dimiliknya”.

Semoga penjelasan sederhana mengenai Perseroan Terbatas ini dapat membantu anda.

Tinoess

Cat: Kekayaan pribadi pemegang saham terpisah dengan kekayaannya yang dia setorkan di Perseroan Terbatas. Kekayaan pribadi pemegang saham tidak dapat digunakan untuk menanggung kerugian yang dialami oleh Perseroan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: