Jalur Alternatif Mudik Cikamurang

Cikamurang adalah salah satu Jalur alternatif dari Subang menuju Indramayu dan Cirebon. Jalan Beton pada jalur ini telah mulai diperbaiki ketika persiapan untuk jalur mudik tahun lalu dan untuk saat ini kondisi jalan di jalur tersebut masih dalam keadaan baik.
Jalan Cikamurang merupakan jalur alternatif yang digunakan apabila ada pengalihan lalu lintas karena terjadi kemacetan di daerah Jomin, Subang atau di sekitar Losarang, Indramayu. Jalur tersebut juga jalan alternatif menuju Majalengka dan Kuningan.
Jalur alternatif Cikamurang, relatif sudah layak. Meskipun, kondisi jalannya banyak yang bergelombang dan tidak rata dititik-titik tertentu. Sehingga, pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati. Perlu diinformasikan pula bahwa jalur alternatif ini minim lampu penerangan jalan.
Arus Lebaran baik arus pulang maupun arus balik yang melintasi Jalur Alternatif Subang – Cikamurang (KabupatenIndramayu) – Cijelag (Kabupaten Sumedang) tetap dapat dijadikan pilihan bagi pemudik walaupun infrastuktur dijalur tersebut belum seluruhnya baik. Bagi anda yang berminat menggunakan jalur tersebut, anda dapat menempuhnya dengan patokan, sekeluarnya anda dari pintu Tol Cikampek anda langsung belok kanan menuju arah Purwakarta. Sesampainya di simpang tiga Sadang anda belok ke kiri menelusuri jalan yang lebarnya sekitar 6 meter menuju Kota Subang. Karena lebar jalan yang cukup sempit, bagi anda pemudik yang baru memakai jalur ini harap hati-hati dan kosentrasi karena selain sempit jalannya, jalan dijalur tersebut bergelombang, ada beberapa tikungan tajam dan anda akan sering berpas-pasan dengan kendaraan besar seperti Bus / truk. Cobalah untuk selalu berhati-hati dan tidak tergesa-gesa. Perjalanan menuju kota Subang tidak akan jauh lagi apabila anda telah melewati kota Kalijati. Bagi anda yang melakukan perjalanan malam hari hati-hati ketika melewati kebun karet karena ada beberapa ruas jalan yang berlobang dan keadan didaerah tersebut cukup gelap tanpa penerangan. Anda sebentar lagi akan samapai ke daerah Subang yang akan menghubungkan ke jalur mudik alternatif Cikamurang. Apabila anda melakukan perjalanan pada siang hari jangan lupa memebeli oleh-oleh berupa Nanas, apabila anda beruntung anda kan menemukan Nanas Simadu yang terkenal manisnya.
Selanjutnya dari Kota Subang, kendaraan lurus ke arah timur. Jalan Alternatif itu agak naik turun dan berbelok-belok. Sesekali menemui pemukiman penduduk di Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar dan Desa Cikamurang Kecamatan Terisi Indramayu. Setelah menempuh perjalanan sekitar 60 Km, pengendara akan sampai di Simpang Tiga Cijelag Kabupaten Subang ketemu Jalan Cirebon – Bandung. Saat anda sampai dititik ini cobalah ambil istrihat sejenak hanya sekedar untuk melepaskan kejenuhan dan menghilangkan rasa kantuk. Saat istirahat cukup, anda bisa melanjutkan perjalanan menelusuri jalan utama Bandung – Cirebon. Sesampai di Palimanan Kab. Cirebon tersedia bagi anda Jalan Tol menuju Kanci dan meneruskan perjalanan menuju ke Losari perbatasan Kab. Brebes Jawa Tengah.

Mengingat kondisi permukaan jalan yang kurang baik, ditambah suasananya gelap gulita pada malam hari diruas jalan alternatif sekitar 60 Km, diharapkan para Pemudik kosentrasi penuh dan memakai kendaraan dengan kondisi laik jalan. Periksa keadaan kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan baik itu kondisi ban, ban serep, air kaburator, oli mesin, lampu penerang dan hal-hal lainnya yang menurut anda perlu diperhatikan walau itu hal terkecil, kegiatan tersebut perlu dilakukan oleh anda untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika mudik. Jaga kecepatan kendaraan anda, “ingat waktu tempuh yang cepat bukan segalanya dan bukan hal yang utama karena keluarga anda menunggu anda dikampung halaman dengan penuh harapan”.
Karena jalur alternatif ini melewati area tanpa penghuni, melewati hutan dan jalan tidak begitu rata, harap memperhatikan semuanya. Perhatikan keadaan bahan bakar anda, isi full terlebih dahulu di kota Subang. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.
Selamat Mudik.

Tinoess-29/8/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: